Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Cacar Monyet dan Cara Antisipasi Penularannya

 

Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis langka yang terjadi di bagian terpecil afrika barat dan tengah. peyakit ini di tularkan dari hewan ke manusia, dengan cara memlalui kontak darah, cairan tubuh dan lesi kulit atau kotoran hewan yang terinfeksi. maka dari itu sedikit kasus penularan ini dari manusia ke manusia karna pada dasar nya penularan ini suber nya dari hewan. jika pun ada penularan anatar manusia terjadi karna kontak dengan sekresi saluran pernapasan yang terinfeksi, luka pada kulit penderita, atau bahakan objek yang telah terkontaminasi cairan tubuh penderita. bahkan WHO menegaskan bhawa cacar monyet bukan penyait menular karna seksual, namun penyait ini biasa juga di tular kan saat berhubungan seksual, sepeti oral seks, anal dan vagina atau bahakan menyentuh alat kelamin bahakn anus orang terinfeksi, 

Berikit ini adalah beberapa tindakan  yang dapat di lakukan untuk mencegah infeksi virus cacar monyet, yaitu dengan hindari kotak dengan hewan yang dapat menjadi reservoir ( termasuk hewan sakit atau hewan mati di daerah di mana cacar monyet terjadi. bilapun bersentuhan lakukan lah cuci tangan yang baik dan benar setelah kontak dengan hewan atau nanusia yang terinfeksi, dan sebisa mungkin masak lah daging hinga matang 

Baiasanya masa inkubasi atau interval dari infeksi sampi muncul nya gejala penyait cacar monyet biasa nya 6-16 heri, tetapi dapat berkisar 5-21 hari, Biasa nya gejala yang di timbulkan berupa demam, sakit kepala hebat, limfedenopatif (pembesaran gejala getah bening), nyari punggung nyeri otot dan lemas.

Mungin sebagian orang khawatir dan bertanya berhayakah virus cacar monyet? 

Kehawaitaran ini sebenarnya cukup beralasan, karna pasalnya monkeypox atau cacar monyet telah di tetapkan sebagai darurat kesehatan global semenjak kemabli nya mewabah di banyak negara termasuk indonesioa, pada awal 2022, untuk di ketahui sekitar 40.000 orang dari 90 negara terinfeksi virus cacar monyet.

Virus cacar monyet untuk sejauh ini tidak berbahaya dikarnakan tingkat kematian penderita penyakit ini relatif rendah di bandingkan dengan wabah lainya.

Umum nya cacar monyet biasa nya sembuh sendri dengan gejala yang langsung selama 2 sampai 4 minggu. penyakit ini juga sebenar nya bisa di cegah dengan vaksin, namun hal yang tyerpenting adalah pola hidup bersih dan sehat. dan bila mana terjdi ciri ciri gejala cacar monyet seperti demam dan muncul nya ruam segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapat penangan yang tepat dan cepat.